Kawanku, hidup ini bukanlah penjara , bukanlah bui , bukanlah sangkar ! Maka dari itu bebaskanlah dirimu bergerak , bebaskanlah dirimu untuk mencoba, bebaskanlah dirimu dengan hal positif !


Posted by : Nashimaru 6 Nov 2013

 Gambar diambil dari google.com

Assalamualaikum. wr .wb guys. Gue ada pepatah di postingan gue kali ini, dan cukup makan waktu banyak buat nyari dan menyeleksi beberapa kalimat - kalimat bijak yang menurut gue cocok dan ngena banget di kehidupan nyata. So, makanya gue baru ngeposting lagi -_-

"Jangan membenci mereka yang mengatakan hal buruk tuk menjatuhkanmu, karena merekalah yang buatmu semakin kuat setiap hari."

"Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan bahwa kamu adalah kamu. Jadi dirimu sendiri."

"Tak peduli seperti apa hidupmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya."



Dan sebenarnya masih banyak lagi beberapa kalimat bijak yang punya hubungan kuat dengan apa yang akan Gue tulis di postingan kali ini.

As you see.. Kehidupan ini itu unik. Dihuni oleh berbagai karakter manusia yang variatif dan diferentif. Para manusia yang memiliki kelebihan serta kekurangan masing - masing, yang tentunya juga berbeda antara yang satu dengan yang lain. Namun, kita tahu bahwa dunia bukan hanya dihuni oleh manusia manusia yang penuh dengan perbedaan ini. Dunia ini juga dihuni oleh sebuah "masalah", "konflik", dan segalah hal yang sejenis dengannya. Ya masalah.. Masalah dan konflik ini ga bisa lepas dari yang namanya perbedaan. As we know.. Di kehidupuan ini kita sering kali mengalami perbedaan yang pada akhirnya menimbulkan konflik dan masalah. Iya kalo masalahnya simple, tapi sering kita menghadapi hal ini dengan konflik yang berkepanjangankan guys?

 Menurut gue, kita sebagai manusia hanyalah sebagi objektif, atau alat yang dikendalikan dengan alam bawah sadar kita, yang kemudian otak menguasai bagian dari seluruh rangkaian fisik ini bukan?. Hmm... tentu bukan. Kita melupakan satu hal yang paling besar di dalam hidup ini dalam mengatasi perbedaan yang ada. Satu hal yang perlu menjadi tolak ukur kita untuk memahami dan menyelasaikan perbedaan ini adalah "Hati", your heart guys.. Semua manusia di dunia, termasuk gue, sering kali menyelasaikan masalah dan perbedaan hanya sekedar perang pemikiran "mine war" yang tidak berasaskan perasaan dari dalam diri masing - masing. Kita lebih menyediakan solusi - solusi yang hanya di olah dan merupakan limbah dari proses pemikiran dan penalaran dari suatu masalah saja. Padahal, alangkah lebih harmoni dan produktif sekali, jika solusi - solusi ini di olah juga di pabrik hati yang kita miliki.

Aspek kognitif, pemikiran, dan aspek afektif, perasaan, merupakan perpaduan, tidak akan pernah bisa lepas dari yang satu dengan yang lain. Kognitif dan afektif menyiptakan sebuah koherensi dan relevansi yang kuat, indah, dan baik. 2 hal ini dapat menyiptakan dan membentuk sebuah hal baru. Yups, the new things that we always ignore it.. Suatu hal yang sering kita lupakan selain hati. Adalah "Behavio or Attitude" . Behavior dalam translasinya memiliki arti tingkah laku, sedangkan Attitude memiliki arti sikap. Sikap dan tingkah laku sama halnya dengan kognitif dan afektif, namun mereka akan lahir jika, kognitif dan afektif salin bersatu padu dan dijalankan dengan baik.

Nah.. dari kalimat bijak pertama "Jangan membenci mereka yang mengatakan hal buruk tuk menjatuhkanmu, karena merekalah yang buatmu semakin kuat setiap hari." kebencian atas suatu hal yang buruk yang dilakukan oleh temanmu, atau sahabatmu, atau pacarmu, atau mungkin keluargamu hanyalah perspektif belaka. Hah? Perspektif?... Ya, seperti yang gue jelasi tadi diatas, manusia itu adalah perbedaan, perbedaan ini juga ga lepas dari perspektif. Kadang kita menilai tindakan seseorang itu buruk dan seakan terlihat akan menjatuhkan diri kita, yang kemudian timbul rasa benci terhadap orang tersebut. Bukan soal membenci yang gue permasalahin disini. Benci tentu setiap orang ga boleh benci. But.. dalam memandang perlakuan orang inilah kita sering kali menafsirkan dalam maksud - maksud yang bervariatif, berbeda beda.

Gue gambarin sebuahh kasus yang mungkin simple dan bisa kalian cerna. Ada 3 orang sahabat, Roi, Rio, dan Ria. Roi yang memiliki hubungan khusus dengan Ria sedang mengalami konflik yang cukup parah, yang membuat emosional Roi tidak bisa dikendalikan. Pada moment seperti ini, Rio datang menghampiri Roi dengan gelagat penuh guyonan dan humor, dilihat dari karakter Rio yang selalu ceria, dan tak pernah serius. Dan seketika itu pula Roi meluapkan emosinya terhadap Rio, dengan membentaknya, atau bahkan memukulnya karena telah dianggap mengganggu. Dan hal ini dilakukan tidak sekali dua kali, dengan waktu yang cukup lama, selama konflik yang dialami Roi dan Ria.  Seketika itu pula Rio, membenci dan menjauhi Roi, yang sekarang ia kenal dengan emosinya itu.

----- bersambung -------

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Labels

Popular Post

About Me

Foto saya
Bekasi, West Java, Indonesia
Assalamualaikum.. nama gue nashwan ihsan fazil. panggilan cukup dengan nashwan aja. lebih ringkas lagi nash aja (ga usah pake aja). Mau tau lebih lanjut lihat aja langsung ke "page : siapakah nash itu?" .. wassalam
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 NASHIMARU - Oreshura - Redesign by Nashimaru - Powered by Me - Designed by Johanes Djogan -