Kawanku, hidup ini bukanlah penjara , bukanlah bui , bukanlah sangkar ! Maka dari itu bebaskanlah dirimu bergerak , bebaskanlah dirimu untuk mencoba, bebaskanlah dirimu dengan hal positif !


Posted by : Nashimaru 30 Mar 2013


Kemeriahan milad UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) yang ke 32 ini diwarnai berbagai kegiatan yang menarik dan meriah. Salah satunya adalah kegiatan Stand up comedy competition. Kompetisi ini diadakan pada hari Sabtu (30/03) dan berketempatan di kantin FISIPOL (Fakultas Ilmu Sosial dan Politik) UMY.

Kompetisi yang bermaksud untuk membuat orang - orang tertawa ini di hadiri langsung oleh komikus atau para komedian dari Stand up Yogyakarta. Mereka yang masih berstatus mahasiswa ini, selain menjadi tamu istimewa, mereka juga menjadi juri dari kompetisi tersebut. Salah satunya adalah Nanda Apriliansyah, mahasiswa dari UII (Universitas Islam Indonesia) dengan panggilan akrabnya, Nanda.

Mahasiswa mahasiswi UMY dari berbagai fakultas pun ikut berpartisipasi dalam kompetisi ini, baik sebagai penonton, panitia, ataupun peserta. Diawali dengan sambutan dari salah satu dosen jurusan Ilmu komunikasi, Bapak Zein Mufarrih Muktaf. Kemudian dilanjuti dengan aksi para komikus komikus UMY. Lawakan dan lelucon dari 6 komikus muda UMY yang ikut berkompetisi ini membuat suasana kantin menjadi meriah dan penuh dengan tawa.

Dari kompetisi tersebut terlihat bahwa secara umum para komikus ini memiliki bakat. "Potensi ada, secara penampilan dan performance sudah stand up banget" ungkap mas Nanda selaku juri kompetisi ini. Bakat dan kemampuan mahasiswa UMY yang turut berkompetisi ini masih dapat dikembangkan lagi.

Namun untuk mengembangkan kemampuan dalam kegiatan ini, para komikus harus bisa lebih kreatif menciptakan pandangan dan observasi dalam suatu hal. "Stand up itu artinya sebuah komedi dari materi observasi, mengambil suatu isu dari sudut pandang sendiri" ujar mas Nanda.

Seorang komedian juga tidak haruslah lucu, tidak ada batasan, dan tidak harus memiliki syarat tertentu untuk menjadi komikus, karena mereka juga bisa mengeksplorasi diri mereka melalui kegiatan Freedom of Gambleh. Kegiatan ini adalah salah satu kegiatan rutin yang diadakan oleh Stand up Comedy Yogyakarta setiap Jum'at malam. "Setiap yang mau gabung jadi komikus ga harus lucu, bisa gabung ikut Open Mic di kegiatan rutin kita tiap jum'at malam, yaitu Freedom of Gambleh" ungkap mas Nanda.

            Tujuan dari diadakannya kegiatan kompetisi ini selain untuk memeriahkan milad UMY yang ke 32 adalah untuk menciptakan pelawak pelawak dari kalangan remaja, khususnya dari mahasiswa UMY. Karena pelawak pelawak atau para komedian sekarang di Indonesia sudah minim kuantitasnya. "Tujuan adanya Stand up comedy agar kita bisa melihat potensi dan melihat kemampuan mahasiswa kita dalam berkomedi, karena komedian sekarang sudah sangat sedikit sekali keberadaanya" ujar bapak Zain.(nashwan)

{ 1 komentar... read them below or add one }

Labels

Popular Post

About Me

Foto saya
Bekasi, West Java, Indonesia
Assalamualaikum.. nama gue nashwan ihsan fazil. panggilan cukup dengan nashwan aja. lebih ringkas lagi nash aja (ga usah pake aja). Mau tau lebih lanjut lihat aja langsung ke "page : siapakah nash itu?" .. wassalam
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 NASHIMARU - Oreshura - Redesign by Nashimaru - Powered by Me - Designed by Johanes Djogan -